Cerita dari Berau: Workshop Penguatan Website YAKOBI

IMG-20140702-00816Seminggu yang lalu, saya mendapatkan kesempatan untuk berkunjung ke bagian timur Kalimantan, tepatnya di kota Tanjung Redeb, ibu kota kabupaten Berau, Kalimantan Timur untuk melakukan hal yang saya sukai yaitu berbagi ilmu melalui workshop 3 hari untuk penguatan pengelolaan website  Yayasan Komunitas Belajar Indonesia (YAKOBI).

Hari pertama kegiatan workshop dimulai dengan materi fundamental website yang memaparkan cara pandang terhadap website dengan menggunakan analogi rumah. Cara pandang ini untuk memberikan gambaran terutama kepada pimpinan organisasi bahwa website memiliki siklus hidup, dimana ada fasa perencanaan, pembangunan, pemantapan dan pengelolaan. Di banyak organisasi yang terjadi adalah website tidak dikelola ketika website selesai dibangun.

Kemudian materi dilanjutkan dengan menjelaskan pilar-pilar organisasi yang dibutuhkan untuk mendukung manajemen pengelolaan website, bagian ini menekankan pentingnya dukungan kuat dari leader/pimpinan organisasi yang akan mempengaruhi banyak aspek di dalam organisasi meliputi kebijakan, struktur organisasi, penyediaan sumber daya dan program kerja organisasi. Keterlibatan pimpinan menjadi kunci keberhasilan pengelolaan website organisasi.

IMG-20140702-00817Workshop di hari kedua lebih membedah mengenai bagaimana menyelaraskan website dengan identitas organisasi. Sesi ini dimulai dengam membedah visi, misi, rencana strategis organisasi dan program kerja organisasi.

Setelah dilakukan kajian terhadap website YAKOBI, terlihat bahwa Website YAKOBI  belum mampu menjelaskan dengan jelas mengenai bidang kerja/program, kompetensi dan juga kekuatan organisasi. Website belum menjelaskan mengenai apa sajakah program organisasi. Dari hasil diskusi dan juga kajian terhadap dokumen rencana strategis organisasi, maka ditemukan bahwa YAKOBI memiliki 2 program utama yaitu pendidikan informal dan program peningkatan kapasitas. Program penyelenggaraan pendidikan informal meliputi PKBM (Pusat kegiatan Belajar Masyarakat) berikut turunannya dan Penyelenggaraan kursus ketrampilan. Sementara itu untuk program peningkatan kapasitas organisasi meliputi program penyelenggaraan pelatihan, fasilitasi diskusi/workshop dan lingkar belajar bagi komunitas.

Di hari ketiga, Workshop dimulai dengan menyiapkan materi-materi baru untuk melengkapi website YAKOBI dan juga bahan untuk melakukan redesain tampilan website diantaranya adalah foto-foto yang merepresentasikan program kerja organisasi, video-video dokumentasi kegiatan selama ini dan juga melengkapi menu profil organisasi seperti program, portfolio dan struktur organisasi

Kemudian dilanjutkan dengan sesi perubahan tampilan website sesuai dengan hasil diskusi di workshop hari kedua. Nuansa warna disesuakan dengan warna yang selama ini menjadi identitas YAKOBI yaitu hijau dan merah.

Tampilan website yang baru memiliki beberapa keunggulan yaitu

  1. Website bisa diakses dengan baik di perangkat mobile (responsive design)
  2. Website menyajikan beragam fitur yang memudahkan pengunjung dalam berselancar mengakses informasi di dalam website diantaranya yaitu fitur sticky navigation yang memudahkan, fitur related article yang memudahkan pengunjung mengakses informasi yang terkait, serta fitur share to social media seperti facebook like, share melalui twitter dan juga linkedin.
  3. Website memiliki fitur theme option yang memudahkan pengelola dalam melakukan modifikasi terhadap tampilan website seperti perubahan warna tampilan, perubahan slider foto dan juga merubah content website.

Perubahan tampilan dilakukan bersama-sama dengan staf yang ditugaskan untuk mengelola website sehingga terjadi proses alih pengetahuan terhadap teknis pengelolaan website.

Hasil Workshop

Wahasil saat ini website YAKOBI memiliki peringkat alexa lebih baik dari TNC Indonesia – nature.or.id dan juga tfcakalimantan.org. Ini sebuah kebanggaan buat saya bahwa temen-temen di YAKOBI mempraktekkan hasil workshop dengan baik dan memiliki komitmen kuat untuk mengelola website organisasinya.

Salut!

 

Speak up! Let us know what you think.